Amanat Pembina Upacara Senin tgl 31 Juli 2017

Amanat Pembina Upacara Hari Senin tgl 31 Juli 2017

       Memberikan amanat pada Upacara Bendera setiap hari senin merupakan kegiatan rutin bagi setiap wali kelas. Tetapi karena bergiliran sehingga masing-masing wali kelas terjadwalkan hanya sekali dalam setahun. Oleh karenanya menjadi Pembina Upacara Bendera hari senin harus mempunyai persiapan terutama persiapan materi yang akan disampaikan kepada para siswa.

       Untuk menemukan materi pada masa kini tidaklah terlalu sulit karena sudah tersedia di intenet asalkan kita punya kemauan untuk browsing. Untuk itu saya pun searching untuk mendapatkan materi. Ternyata tidak mudah juga menentukan materi apa yang cocok untuk disampaikan. Teringat pada sebuah buku yang telah saya baca yang ditulis oleh Dale Carnegie yang dialihbahasakan oleh Nina Fauzia N.S, ada bab yang memahas bagaimana cara menarik minat orang lain. Salah satu caranya adalah”Bicaralah mengenai minat orang lain”. Saya cari materi-materi yang biasa disampaikan pada Upacara dan ada satu judul yang mungkin semua orang menginginkannya yaitu menjadi juara. Saya cari materi tentang bagaimana caranya menjadi juara dan ternyata banyak tulisan mengenai itu sehingga saya harus memilihnya. Akhirnya saya pilih bahasan yang judulnya “Lima Langkah Menjadi Seorang Juara” yang ditulis oleh Ali Sobri pada edukasi.kompas.com, tetapi saya sesuaikan sebagian  bahasannya atau ilustrasinya dengan kondisi siswa.

       Pada saat menyampaikan amanat, sebelum pada materi pokok seperti biasa disampaikan terlebih dahulu mengenai komentar terhadap jalannya upacara dan menyampaikan amanat tentang kebersihan dan kedisiplinan. Setelah itu barulah pada materi pokok yaitu tentang bagaimana caranya menjadi seorang juara. Ada kalimat motivasi yang dipegang oleh seorang juara misalnya seorang juara di bidang olah raga yang memegang motto “ Setiap hari dalam hidup, saya mau memberikan yang terbaik dalam hidup saya”.

       Bagaimana caranya menjadi seorang juara? Ada 5 langkah sebagai berikut;

1. Seorang juara selalu memiliki tujuan yang jelas

Sebagai contoh, kita kalau mau naik kendaraan umum harus memastikan dulu akan ke mana tujuan kita. Atau seorang nahkoda sebelum menjalankan kapalnya pasti sudah menentukan pelabuhan mana yang akan disinggahinya.

Sebagai contoh pengalaman seorang perenang wanita yang bernama Florence Chadwick dapat ditiru semangatnya. Perempuan asal Amerika ini telah menetapkan tujuan yang jelas untuk menjadi perempuan pertama yang berhasil menyeberangi Selat Catalina dengan berenang. Setelah sempat menyeberangi selat Inggris, Florence sempat melawan kabut dan hiu dalam menempuh jarak renang sejauh 35 km, namun sayang kabut menghalanginya untuk menggapai pesisir Catalina. Dia pun gagal. Padahal saat itu, dia sudah mencapai jarak 33 km.

Pada tahun selanjutnya, Florence kembali menetapkan tujuannya menyeberangi Catalina. Dia menetapkan tujuan yang lebih jelas dengan sudah membayangkan melihat pesisir pulau tujuannya. Kabut yang menghadangnya pun tidak dapat membendung tujuannya. Dia berhasil.

2. Seorang juara berani membayar harga kenyamanan untuk sebuah kemajuan

Sebagai contoh, kalian sebagai anggota Paskibra atau Pramuka atau PMR ataupun ekskul lainnya melaksanakan latihan minimal 1 kali dalam seminggu sementara teman kalian yang lain bersantai-santai.

3. Selalu lakukan hal yang di luar biasanya untuk berhasil

Sebagai contoh, kalian sebagai anggota ekskul melakukan latihan setiap hari dalam waktu 2 minggu berturut-turut karena akan mengikuti lomba. Atau seorang juara kelas mengerjakan PR lebih dari yang disuruh oleh guru dan selalu membaca materi pelajaran sebelum dijelaskan oleh guru, dsb.

4. Apa yang anda fokuskan, itulah yang harus Anda dalami

Fokuslah pada tujuan.

Salah satu cara untuk menentukan apa yang harus didalami yaitu dengan mencari kelebihan dan kelemahan diri sendiri.  Kelebihan akan menjadi kekuatan yang bisa dijadikan salah satu jalan untuk mencapai tujuan, dalamilah hal yang menjadi kelebihan.

5. Untuk memiliki kupu-kupu di halaman dan rumah Anda, ada dua cara yang dapat dilakukan. Pertama, dengan membawa jaring tetapi sedikit yang akan terjaring, sementara cara kedua adalah dengan membuat taman bunga sehingga kupu-kupu yang akan datang sendiri kepada Anda.

Seorang juara akan terus mengembangkan dirinya untuk memiliki cara dan kualitas yang banyak dicari oleh berbagai kalangan sehingga kesuksekan yang justru akan mendekatinya.

Kita harus kreatif.

Itulah amanat yang telah disampaikan pada Upacara Bendera hari senin tgl 31 Juli 2017.

 

                                                                                                                                                                      Wassalam,

                                                                                                                                                                      Wali Kelas 9.1

 

                                                                                                                                                                      Yulia Nursari, S. Pd.