Mengapa Manusia Harus Belajar

MENGAPA MANUSIA HARUS BELAJAR

       Pertanyaan ini sepintas mudah untuk dijawab. Tetapi ternyata setelah dicoba untuk menjawabnya tidak cukup hanya dengan satu atau dua kalimat karena banyak sekali hal yang menyangkut kata belajar. Begitupun ketika akan menuliskan alasan mengapa manusia harus belajar diperlukan cara bagaimana menuangkan pikiran kita tentang alasannya  dan ternyata luas sekali dan memerlukan berbagai macam sudut pandang. Untuk mengetahui tentang pengertian belajar pun ternyata tidak mudah dan harus belajar terlebih dahulu. Oleh karena itu maka dicarilah tulisan-tulisan mengenai hal tadi. Banyak sekali tulisan-tulisan terkait alasan mengapa manusia harus belajar.

       Dari tulisan-tulisan yang telah saya baca, alasan mengapa manusia harus belajar ada dua tinjauan yaitu ditinjau dari persepektif keilmuan secara umum dan persepektif Agama Islam.

Sudah merupakan fitrah manusia semenjak lahir sudah mulai belajar, menangisnya seorang bayi itu adalah belajar.

Sudah tidak bisa dihindari lagi kalau manusia terus menerus berubah peradabannya sesuai perkembangan zaman.

       Pengertian dari kata belajar adalah berasal dari kata dasar ajar yang berarti petunjuk yang diberikan kepada orang agar diketahui. Belajar berarti juga sebagai usaha untuk memperoleh kepandaian atau ilmu.

(Gage (1984), dalam postingan Gungun Ahmad Gunari) berpendapat bahwa belajar adalah suatu proses dimana suatu organisme berubah prilakunya sebagai akibat pengalaman. Tafsiran yang lain menyebutkan belajar adalah proses perubahan tingkahlaku individu melalui interaksi dengan lingkungannya.

Menurut teori Kognitifisme belajar adalah perubahan struktur kognitif dimana setiap orang akan dapat memecahkan masalah jika ia bisa mengubah struktur kognitifnya.

       Dipandang dari sudut Agama Islam belajar merupakan hal yang wajib dilaksanakan setiap muslim. Nabi Muhammad S.A.W diperintah oleh Allah S.W.T dalam Q.S. Al- Alaq yang berbunyi iqra artinya bacalah. Hal ini mengisyaratkan Allah memerintahkan Nabi Muhammad S.A.W untuk belajar.

Dalam suatu hadis Nabi bersabda : “Tuntutlah oleh kalian akan ilmu pengetahuan, sesungguhnya menuntut ilmu adalah pendekatan diri kepada Allah azza wajalla, dan mengajarkanna kepada orang yang tidak mengetahuinya shodaqoh. Sesungguhna ilmu itu akan menempatkan  pemiliknya pada kedudukan ang lebih tinggi lagi mulia”.saha

Dalam hadis Nabi yang lain : “ Barang siapa yang menginginkan dunia maka ia memperolehna melalui ilmu , barang siapa ang ingin mendapatkan akhirat maka ia memperolehnya melalui ilmu, dan barang siapa yang menginginkan keduanya maka ia memperolehnya melalui ilmu”.

Banyak lagi ayat-ayat dari Al-Qur’an dan hadis-hadis Nabi yang menganjurkan manusia harus belajar.

Kesimpulan mengapa manusia harus belajar :

1. Untuk beribadah

2. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya

3. Merupakan fitrah manusia

4. Untuk meningkatkan derajat/martabat

5. Mengikuti perubahan zaman

 

 

                                                                                                            Yulia Nursari